Resep Gyoza Ayam Ebi (Pan Fried Dumpling) Ala Jepang

Saturday, January 26th 2019. | Aneka Camilan, Resep Kue, Resep Masakan
Resep Gyoza Ayam Ebi (Pan Fried Dumpling) Ala Jepang – Gyoza merupakan Disorientasi satu kue Jepang yang terbuat memakai kulit pangsit tipis sebagai Boga ringan yang mempunyai isian dari daging dan sayuran. Daging yang digunakan untuk membuat Gyoza ini Bisa memakai daging ayam, daging sapi, ikan serta Ebi. Namun kebanyakan orang mengkombinasikan daging ayam cincang dan Ebi supaya rasanya lebih enak dan gurih.

Selain terkenal di Jepang, ternyata Gyoza ini berasal dari China. Meskipun ada banyak Disparitas antara Gyoza Jepang dan Gyoza Cina. di umumnya Gyoza Jepang sangat cocok dimakan dengan nasi sebagai Boga sehari-hari. Untuk Gyoza Jepang biasanya memakai kulit pangsit tipis yang digoreng bagian bawahnya supaya hasilnya renyah dan gurih. setelah itu tak lupa pula ditambahkan sedikit bawang putih dalam pangsit tersebut yang tak ditambahkan di pangsit China. 

Menurut kami Boga Gyoza ini mirip sekali dengan Hakau. Yaitu Disorientasi satu Boga yang masih Sesuai Gyoza yang sering disajikan dalam porsi kecil. Kalau di Indonesia Boga ini sering disebut Dimsum Kukus seperti pangsit dan Resep Siomay Ikan Tenggiri Enak Kenyal, Super Maknyus!. Kalau di Cina sanah banyak sekali jenis Gyoza. Sedangkan di Jepang Dumpling disebut Gyoza. 

Nah berbeda lagi dengan Potsticker, jenis potsticker ini termasuk kategori dumpling tapi proses pemasakannya dengan tutorial di pan fried. Jadi pannya diberi sedikit minyak terlebih dahulu setelah itu dumplingnya dipanggang sebentar hingga bawahnya berwarna kecoklatan lalu ditambah air untuk melanjutkan memasaknya hingga airnya Demisioner. Dengan tutorial memasak Resep Gyoza a.k.a Dumpling seperti menghasilkan tekstur yang eksteriornya renyah tapi tetap lembut di dalam. 

Resep Gyoza Ayam Ebi dan tutorial Membuatnya By Melia dan Elly Yustina Cookpad
Untuk penyajian Resep Gyoza paling enak disantap dalam keadaan hangat dari kukusan ataupun sehabis dipanggang. di karenakan saat dingin tekstur dari Gyoza ini menjadi sedikit kering dan Anemia lembut di mulut. Jadi sebelum penyajian sebaiknya dikukus lagi supaya hangat dengan tekstur yang kenyal. supaya lebih maknyus jajanan ala Jepang dan Cina ini Bisa di cocolkan ke saus kecap, saus sambal, mayonaise atau apa aja sesuai selera. 

Kalau di Restauran atau Cafe Indonesia, Gyoza Panggang / Gyoza Kukus dan Gyoza Goreng ini sangat sering disajikan bersama Saus Cuko Gula Merah atau Saos Cuko Gula Putih Seperti sajian Resep Membuat Pempek Kapal Selam Palembang Asli Enak. Isian dari saus cuko ini merupakan cabai, gula, garam, bawang putih, cuka dan air. Cocolkan dalam kondisi masih hangat dengan Donasi sumpit. Wuihh mantap deh!. Penasaran ingin membuatnya di rumah?

Kebetulan kali ini kami pilihkan daging ayam dan Ebi yang diblender atau dicincang halus supaya mudah dan praktis dibuatnya. Terus untuk membuatnya kita memakai metode Pan Fried Dumpling, jadi hasilnya kenyal-kenyal enak gitu deh. Yuk langsung di simak aja Berikut Bahan-bahan dan tutorial Membuat Resep Gyoza Ayam Ebi atau Kuotie seperti berikut ini. Cekidot!

Resep Gyoza Ayam Ebi dan tutorial Membuatnya

Resep Gyoza Ayam Ebi dan tutorial Membuatnya

Bahan-bahan Gyoza :

  • Daging ayam 300 gram
  • Ebi 100 gram
  • Sawi hijau 8 lembar
  • Daun bawang 1 ikat
  • Kucai 1 ikat
  • Bawang putih 2 siung (parut)
  • Saus tiram 2 sendok makan
  • Telur ayam 1 butir
  • Tepung kanji 1 sendok makan
  • Garam 1 sendok teh
  • Lada (merica) secukupnya
  • Kulit gyoza (kulit pangsit) 40 lembar
  • Minyak goreng 3 sendok makan
  • Minyak wijen 1 sendok teh

Langkah Membuat Gyoza Ayam Panggang :

  1. Isian Gyoza : Pertama-tama cincang sawi putih, taburi garam, diamkan selama 10 menit lalu peras hingga keluar airnya. setelah itu cincang daun bawang dan kucai, campur dengan sawi putih dan parutan bawang putih.
  2. Selanjutnya dimangkuk besar, campur daging ayam, Ebi, saus tiram, garam, bawang putih, merica, kaldu, telur dan sayuran tadi (sawi putih, kucai dan daun bawang).
  3. Setelah itu bungkus isian gyoza tadi dengan kulit gyoza (kulit pangsit) bentuk seperti pastel boleh atau seperti siomay dimsum juga boleh, sesuai selera aja. Lakukan hingga adonan isian dan kulit gyoza Demisioner.
  4. setelah itu panaskan sedikit minyak goreng diwajan, susun gyoza ayam Ebi diwajan lalu panggang dengan memakai api sedang atau besar selama 5-6 menit hingga dasarnya kecoklatan. Tuangi air hingga setengah gyoza terendam lalu tutup wajan. Masak terus hingga air menyusut dan kulit gyoza terlihat menjadi trasnparan. setelah itu tuangi dengan minyak wijen. Angkat.
Seperti yang sudah kami katakan diatas, Resep Gyoza Ayam Ebi Panggang ini paling enak dimakan bersama aneka saus pilihan. bila ingin membuat saus gyoza ala ala Jepang Asli, kita Bisa meracik sendiri saus gyoza tersebut. Caranya gampang dan praktis yaitu dengan mencampurkan Shoyu (kecap asin) dan cuka beras dengan perbandingan 3:1, setelah itu tambahkan pula 1 sendok teh gula pasir dan 1 sendok teh minyak wijen, Aduk rata. Atau Bisa juga di cocol saus, mayonaise dan kuah cuko sesuai selera.

Dalam Resep Gyoza Ayam Ebi versi (Pan Fried Dumpling) Ala Jepang ini kami sengaja memilih memakai kulit gyoza siap pakai yang Bisa dibeli diluaran. Tapi bila kita ingin memakai kulit gyoza atau kulit pangsit homemade kita Bisa membuatnya dengan tutorial berikut.

Siapkan tepung terigu 150 gram dan Garam 1/4 sendok teh aduk rata. Tambahkan air hangat dengan cara bertahap sambil diuleni hingga kalis dan tak lengket. Bulat-bulatkan sebesar kelereng. Giling adonan yang sebesar kelereng tadi menjadi bundar setipis mungkin. setelah itu ambil satu sendok makan isian daging dan Ebi, letakkan dibagian tengah kulit gyoza. Tutup dengan tutorial Hepotenusa yang satu menutupi Hepotenusa lainnya lalu lipit bagian sisinya seperti lipitan rok pastel.

Bagaimana cukup mudah dan simple kan membuat sajian Gyoza Halal sendiri di rumah. Selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Gyoza Ayam Ebi (Pan Fried Dumpling) Ala Jepang. bila di rasa membantu dan bermanfaat jangan lupa share ke media sosial seperti facebook, twitter, Instagram dan akun Google+ kalian ya. 

Terimakasih, jangan lewatkan Resep Cireng Bumbu Rujak Crispy Khas Bandung. demikian 🙂

Advertisement

Tweet