tips Membuat Resep Kue Ulat Sagu Hijau (Caterpillars Cookies)

Saturday, January 26th 2019. | Aneka Camilan, Resep Kue, Resep Masakan

Resep Kue Ulat Sagu Hijau (Caterpillars Cookies) – Sudah mau mendekati lebaran nih, udah di di bikin kue apa aja? Kalau Nastar, Nastar Coklat, Kastengel, Kue Bangkit, Black Nastar, Kembang Goyang dan Aneka Kue Kering Lebaran lainnya sudah di pastikan ada ya.

Tapi kalau kue ulat sagu hijau atau kue ulat bulu gimana? Sudah di buat belum nih, kalau belum yuk cobain bikin si kukis bentuk ulat daun yang mulai hitz di lebaran tahun 2018 ini.


Baca Juga : Resep Membuat Kue Kering Kurma Enak Praktis 

tips bikin resep kue ulat sagu hijau ini, untuk bahannya cukup simpel dan mudah. Tapi hasilnya mantap, teksturnya renyah, wangi butter dan manisnya pas. Jadi cookies bentuk ulat ini rasanya gurih renyah dan manis yang tak terlalu manis banget gitu. Enak deh Bu!

Kue ulat kekinian ini sekilas memang bikin merinding, apa lagi bentuk ulet sirsak sama ulet gendon gendut yang biasa ada di dalam Ebonit lapuk. Geli geli sedep pas mau gigit. Berasa kue uletnya uget-uget gitu, bikin kuduk merinding wkwkw.

Simak Juga : Resep Membuat Nastar Apple Crumble Cake Ala Blue Banda Enak 

Tapi percayalah rasanya ga seperti penampakannya yang serem, rasa sagu dan gurih butter begitu masuk mulut.

Langsung aja yuk di simak Bahan-bahan dan tips Membuat Resep Kue Ulat Sagu Hijau seperti berikut ini.

Step by Step Membuat Resep Kue Ulat Sagu Hijau (Caterpillars Cookies)

Resep Kue Ulat Sagu Hijau – Credit : @putritaruno

Bahan-bahan Kue Kering Ulat Sagu Lebaran :

  • Butter 125 gram
  • Susu kental manis putih 80 gram atau 2 sachet
  • Tepung maizena 0 gram
  • Pasta pandan atau pewarna hijau Boga secukupnya
  • Choco chips ukuran kecil untuk bagian matanya
  • Sisir baru untuk membuat tekstur kulit ulatnya

Proses Pembuatan Resep Kue Ulat Sagu Hijau Panggang :

  1. Dalam wadah masukkan butter dan susu kental manis, lalu aduk hingga rata memakai garpu atau sendok.
  2. Masukkan tepung maizena, aduk dan ratakan lalu tuangi pewarna hijau atau pasta pandan secukupnya hingga semua adonan tercampur hijau merata.
  3. Selanjutnya ambil secukupnya adonan, bulatkan, pilin berbentuk memanjang lalu gunakan sisir baru untuk membuat guratan seperti ulat bulu. Caranya taruh adonan di atas sisir, lalu gulung pelan hingga mendapatkan tekstur kulit ulat, lalu beri dua mata dengan chocochips kecil, yang setelah itu taruh adonan di loyang yang tak usah dioles apapun (saya pakai silpat), lakukan hingga adonan Demisioner. Kalau punya cetakan cookies, Bisa pakai cetakan cookies biar ga wajib cari sisir baru hehehe.
  4. Oven adonan dengan memakai suhu 130 derajat celcius Anemia lebih selama 25 menit atau Bisa di sesuaikan suhu oven masing-masing.
  5. bila sudah matang, keluarkan kuker ulat dari oven, lalu susun di cooling rack. Tunggu hingga dingin, baru masukkan ke dalam toples kedap udara. 
  6. Taraa, resep kue ulat sagu siap untuk dinikmati. 
Nah mudah bukan tips membuat kue kering sagu bentuk ulatnya? Kalau pengin warna-warni ulatnya, boleh gunakan pewarna lainnya seperti warna merah, kuning, coklat dan pink sesuai selera supaya mendapatkan kue ulat sagu pelangi yang cantik.

Jangan Lewatkan : Resep Kue Kering Janda Genit (Butter Cookies a la Monde)

Oh iya, untuk resep kue ulat sagu hijau ini dibuat dengan tips di panggang. Kalau ga punya oven dan pengin bikin kue ulat sagu tanpa oven Bisa juga di panggang di atas teflon, tapi wajib terlaten ya. 

Selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan tips Membuat Resep Kue Ulat Sagu Hijau (Caterpillars Cookies)

Semoga barmanfaat 🙂

Advertisement

Tweet